Pesan via FB :

4 Raja e-Commerce Asal Tiongkok

Jack Ma adalah orang terkaya di Tiongkok. Ia meraih sukses berkat perusahaan e-commerce yang ia bangun dari nol, Alibaba.

Alibaba dikenal luas oleh masyarakat Tiongkok atas dua situs jual-belinya, yaitu Taobao.com dan Tmall.com. Dua situs ini punya porsi 80% dari total jual-beli barang via internet di Negeri Tirai Bambu.

Taobao, yang berarti ‘mencari harta karun’, diluncurkan pada 2003 silam. Cara kerjanya mirip dengan eBay atau Etsy yang mengizinkan penjual langsung melakukan kontak dengan pembeli.

Sampai saat ini sudah ada jutaan barang yang dijual di Taobao, mulai dari sepatu wanita hingga kandang binatang peliharaan. Secara rata-rata ada 48.000 barang terjual di Taobao tiap menit.

Sementara Tmall, yang berarti ‘kucing angkasa’, baru dibuka pada 2008. Situs ini menyediakan 70.000 merek lokal dan asing yang disuguhkan kepada pembacanya.

Nah, empat perusahaan ini merupakan yang paling dominan di situs Alibaba. Bisa dibilang keempatnya ini adalah raja di dunia jual-beli online Tiongkok.

Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dari CNN :

Produsen jam ODM mulai berdagang di Tmall pada 2012. Tujuannya menjangkau konsumen di kota-kota besar Tiongkok.

Mika Zeng, manajer ODM di Shenzhen, mengatakan perusahaannya selama ini hanya menjual produk di toko fisik. Dengan adanya Tmall maka area penjualan bisa lebih luas.

Hanya dalam beberapa tahun, bisnisnya tumbuh pesat nyaris 600%. ODM -kependekan dari Original, Dynamic and Minimal- ini sekarang menjual 60.000 jam tangan per tahun via Alibaba.

“Orang jadi lebih mudah beli jam tangan secara online, tak masalah Anda berasal dari kota besar atau kota kecil,” ujar Zeng.

Butuh aneka produk untuk anjing kesayangan? Coba kunjungi halaman Puppy Mischief di Taobao. Di sini ada aneka produk anjing, mulai dari rok balet hingga sampo khusus.

Baca Juga...  Memilih Penjual Terpercaya di eBay

Yao Zhen dan istrinya membuka laman toko ini di Taobao pada 2009, setelah sebelumnya bereksperimen dengan membuka laman di situs jual-beli lain.

Bisnis ini terinpirasi dari kecintaan Yao akan anjing. Ia sering memungut anjing liar sampai-sampai di rumahnya sempat ada 10 anjing yang ia pelihara.

Awalnya, Yao hanya menjual aneka produk anjing dalam jumlah kecil, caranya beli di toko dan dijual online. Seiring pertumbuhan bisnisnya, ia pun membeli produk langsung dari produsennya.

Saat ini Puppy Mischief punya omzet sekitar 2 juta yuan (Rp 3,8 miliar) per tahun. Yao pun sampai harus merekrut puluhan karyawan karena harus melayani banyaknya pesanan yang datang dari Tiongkok hingga Kanada.

Liu Yuguo membuka laman di Taobao pada 2007 untuk menjual benang wol setelah dapat saran dari pamannya.

“Paman bilang, ‘kenapa tidak kamu coba? Bisa dijual dari rumah sambil online’. Waktu itu saya coba, tapi tidak berharap bisa dapat untung banyak,” kata Liu.

Tapi ternyata ada saja pelanggan yang mau membeli produk miliknya. Bahkan, dagangannya di hari pertama langsung habis.

“Tidak butuh modal banyak, dan bisa segera mulai berdagang,” jelasnya.

Di Taobao, siapa saja bisa membuka laman toko secara gratis. Alibaba juga tidak menarik biaya sewa. Pemasukan Alibaba dari iklan dan promo produk.

Liu juga sudah menambah lebih banyak produk yang ia jual, tapi produk unggulannya tetap benang wol. Pria dari keluarga petani ini sekarang mempekerjakan 40 karyawan dan sudah membuka toko keduanya di Tmall.

Berbeda dengan Taobao, Tmall -yang membidik merk-merk besar- meminta biaya sewa dan komisi jual-beli kepada para penyewanya.

Produsen pakaian wanita, Inman, tak butuh waktu lama untuk menjadi terkenal dan produknya banyak dipakai kaum hawa di Negeri Panda sejak didirikan 2008 silam.

Baca Juga...  Cara Mengetahui Tahun Anda Bergabung dengan PayPal

Merek ini merupakan milik Guangzhou Huimei Fashion Company, yang juga punya beberapa merk pakaian. Ketika bisnis mulai lesu saat krisis ekonomi global, lahirlah Inman untuk menjangkau pangsa pasar baru di dunia maya.

“Berjualan di dunia maya seperti menjadi kesempatan yang bagus. Modalnya lebih murah ketimbang membuka toko sendiri,” kata Direktur Inman Xiao Feng.

Sumber : Detik Finance

Leave a Reply

  

  

  

5 + 9 =


You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>