Pesan via FB :

Aliexpress, Pesaing eBay Asal China

China, sebuah negara di kawasan Asia Timur, saat ini tengah naik daun seiring merajalelanya produk-produk asal China di pasaran dunia. Namun siapa sangka, China yang dikenal sebagai negara tertutup dengan keterbatasan akses internet disana-sini sebagai akibat dari regulasi pemerintahnya, memiliki sebuah website yang cukup termasyhur di kalangan pebisnis online. Ya! website tersebut adalah Aliexpress.com, yang akan segera kami ulas khusus untuk Anda, para pelanggan kusumawan.com

Aliexpress merupakan sebuah perusahaan yang merupakan anak perusahaan dari Alibaba (Alibaba.com). Perusahaan ini berkedudukan di Hangzhou, China dan didirikan pada tahun 1999. Alibaba didirikan oleh seseorang bernama Ma Yun (Jack Ma). Satu hal yang membuat dia tertarik untuk menggunakan nama Alibaba adalah karena tokoh Alibaba sudah terkenal di kalangan masyarakat dunia, sebagai seseorang yang baik, yang mau membantu kaum di desanya. Selain itu nama Alibaba mudah untuk diucapkan. Terbukti, sebelum mendirikan Alibaba, Jack Ma sudah melakukan survey ke berbagai kota di dunia, 30 orang dari berbagai negara, diantaranya dari India, Jerman, Jepang dan China sudah mengenal baik tokoh Alibaba dari Persia. Jack Ma juga mendaftarkan nama Alimama pada saat mendirikan Alibaba, sebagai padanan kata Alibaba.

Kantor Pusat Alibaba Group di Hangzhou, China

Bisnis Alibaba bersifat B to B, artinya business to business, dimana konsumen utama Alibaba pada umumnya membeli dalam jumlah besar untuk kemudian dijual kembali, sedangkan Aliexpress lebih bersifat business to end user, dimana barang yang dijual akan langsung dipakai oleh buyer, tetapi tidak menutup kemungkinan pula pembelian dalam jumlah besar (bulk) dari Aliexpress, tentunya dengan harga yang lebih murah.

Kelebihan Aliexpress bila dibandingkan dengan Alibaba, yaitu konsep penawaran dan sifat pemasarannya lebih jelas, harga dan metode pembayaran sudah tertera dengan pasti, serta dari pengalaman kami, pengiriman selalu menggunakan tracking number sehingga pembeli akan lebih merasa nyaman. Hal tersebut tidak anda dapatkan di Alibaba, karena pada umumnya, untuk melakukan pembelian, kita harus melakukan kontak dengan seller Alibaba terlebih dahulu. Hal ini akan sangat menyulitkan, terutama apabila seller atau buyer tidak dapat berbahasa Inggris dengan baik, serta akan sangat mengulur waktu bila kita melakukan berkali-kali kontak, sementara kita butuh barang yang dijual dalam waktu relatif cepat. Pembayaran Alibaba pada umumnya melalui transfer bank atau melalui Western Union (WU) sehingga tidak sepraktis dan semudah Aliexpress yang bisa menggunakan Credit Card, dimana pembayaran dapat dilakukan dalam hitungan menit.

Baca Juga...  Top PTC List

Tampilan Webstore Aliexpress.com

Sekilas, produk-produk yang dipasarkan di webstore Aliexpress tidak jauh berbeda ragamnya bila dibandingkan dengan produk-produk yang dipasarkan di webstore eBay, namun bila kita cermati lebih jauh, akan terlihat dengan jelas bahwa webstore ini mayoritas dihuni oleh seller yang berasal dari China, meskipun ada beberapa yang non-China tetapi jumlahnya sangat kecil, karena memang menurut pendirinya, Jack Ma, website tersebut didirikan untuk memfasilitasi para pengusaha mikro, kecil dan menengah sampai ke pengusaha besar yang berasal dari China, agar mereka mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik.

Barang yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari barang yang sangat unik maupun barang yang sudah umum terdapat di pasaran, meskipun ada beberapa seller yang menawarkan produk yang bukan buatan China atau bahkan produk original (OEM) dengan kualitas produk yang pada umumnya cukup baik.

Aliexpress menggunakan sistem pembayaran dengan menggunakan Credit Card dan Payment Gateway melalui Escrow. Escrow bertindak mirip seperti PayPal tetapi bedanya Escrow tidak membutuhkan akun khusus untuk melakukan pembayaran. Kita hanya akan digiring menuju sebuah page yang otomatis merupakan gateway Escrow.

Seperti PayPal, webstore Aliexpress juga melakukan verifikasi terhadap buyer. Terkadang buyer tidak dapat melakukan pembayaran (terkena akun locked) sampai buyer mengirimkan data-data yang valid sesuai dengan informasi yang tertera pada billing Credit Card. Hal ini sebagai usaha Aliexpress untuk mengurangi kecurangan di internet.

Bila Anda berminat untuk melakukan belanja online dari webstore Aliexpress.com tetapi terkendala tidak memiliki Credit Card, kami menyediakan jasa layanan untuk pembelian barang yang berkualitas dari webstore Aliexpress. Syarat dan ketentuan pemesanan dapat Anda baca pada link Jasa Belanja Online. Namun, untuk saat ini kami tidak melayani jasa pembelian di Alibaba karena metode pembayaran yang kami anggap kurang sesuai.

Selamat berbelanja online dengan nyaman bersama kami :)

Leave a Reply

  

  

  

5 + 9 =


You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>