Pesan via FB :

eBay Jual Mesin Bekas NAZI Jerman

Ada sebuah barang unik yang tertampang pada platform lelang online eBay. Mesin khusus yang digunakan pemimpin Nazi, Adolf Hitler, untuk berkomunikasi dengan para jenderalnya di era Perang Dunia II telah dijual di eBay.

Mesin ketik yang diketahui bernama teleprinter Lorenz ditemukan tertampang di eBay oleh relawan National Museum of Computing (NMC) Inggris, John Whetter.

Dikutip dari Digital Trend, Senin 30 Mei 2016, awalnya mesin penting Nazi itu teronggok di sebuah gudang taman milik seorang wanita di daerah Essex, Inggris. Kemudian karena barang tersebut berdebu dan hanya dikira barang usang lantas sang pemilik memutuskan untuk menjualnya di situs lelang online tersebut. Sang wanita mengira mesin usang itu hanyalah mesin telegram biasa.

Nah, untungnya, relawan museum tersebut melihatnya di eBay dan menduga itu bukan mesin sembarangan. Kemudian sang relawan menghubungi penjual.

“Orang itu membawa kami ke gudang taman itu dan ternyata di dalamnya ada teleprinter Lorenz dengan tas aslinya,” ujar sang relawan tersebut dikutip dari The Guardian.

Kemudian dia membelinya dari pelelang yang menjual mesin bersejarah itu di eBay. Harganya pun cukup murah untuk ukuran barang kuno, yakni cuma US$14 atau Rp189 ribu.

Kemudian, relawan NMC membersihkan dan memulihkan mesin langka tersebut. Dalam proses pemulihan itu, museum bahkan harus meminjam kunci khusus untuk membuka mesin berlambang swastika tersebut. Museum sampai harus meminjam kunci sandi dari Lorenz SZ42 milik Norwegian Armed Forces Museum di Oslo, Norwegia.

Sayangnya, mesin Nazi itu tidak lengkap sehingga museum juga meminta seluruh warga di penjuru Inggris untuk membantu menemukan bagian dari mesin Nazi tersebut, khususnya drive motor.

“Untuk bisa membongkar pesan mesin itu, kami harus mengganti beberapa komponen yang hilang, khususnya drive motor,” kata Whetter.

Baca Juga...  Third Payment from Neobux, No More PayPal for Valuebux

Mesin Nazi itu disebutkan bukan sembarang mesin. Sebab kode yang ditransmisikan oleh mesin Lorenz digambarkan lebih rumit dibanding kode mesin penyandi terkenal, Enigma. Dalam catatan sejarah, kode sandi mesin Lorenz telah dibongkar oleh ahli matematika asal Inggris, Bill Tutte pada Januari 1942.

Tim kartograf Tutte diketahui telah mampu menguraikan struktur logis pada seluruh perangkat Lorenz tersebut. Keberhasilan ini membawa berkah, sebab temuan itu mengarahkan pada penciptaan Colossus, sistem komputer yang bisa diprogram pertama di dunia. Sistem tersebut dirancang insinyur Inggris, Tommy Flowers. Akhirnya Colossus diperbolehkan untuk membongkar enkripsi pesan Nazi.

Sumber : viva.co.id

Leave a Reply

  

  

  

5 + 6 =


You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>